//
you're reading...
Desain Komunikasi Visual

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI


Media Promosi
Media promosi mempunyai tiga aspek yaitu:
  1. Aspek Media, merupakan alat menjangkau audience.
  2. Aspek Pesan, merupakan alat untuk mempengaruhi audience.
  3. Aspek Wajah, merupakan alat menarik perhatian audience.
Membuat media promosi yang berhasil (menarik perhatian audience dan membuat audience melakukan tindakan pembelian produk) tidaklah mudah. Riset mendalam terhadap pasar sasaran perlu dilakukan agar aspek media promosi dapat tercapai. Hasil riset atau penelitian terhadap pasar sasaran kemudian dianalisis untuk mendapat panduan dalam merumuskan konsep perancangan media promosi.
Konsep perancangan memiliki dua bagian yaitu:

A. Perencanaan Media
1. Tujuan Media
2. Strategi Media: pemilihan media
3. Program Media: detail penjadwalan media
4. Biaya Media
B. Perencanaan Kreatif
1. Tujuan Kreatif
2. Strategi Kreatif: isi pesan
3. Program Kreatif: Brainstorm verbal,
4. Biaya Kreatif
Setelah konsep perancangan yang berupa data verbal salesei kemudian akan dilakukan visualisalsi. Proses visualisasi media promosi terdiri dari tiga tahap yaitu thumbnail, rough, dan comprehensive (Margo, Street-Smart Advertising: How to Win the Battle of the Buzz:134).
  1. Thumbnail merupakan tahap mendapatkan ide lewat berbagai alternatif desain. Berbagai kemungkinan desain dapat dituangkan dalam tahap ini. Thumbnail berupa sketsa yang tidak mendetail dengan ukuran kecil (5 x 8 cm) (Amy,Graphic Design Basics:10).
  2. Rough merupakan hasil pilihan dari ide terbaik pada thumbnail. Rough bersifat detail dan dikerjakan dengan ukuran yang lebih besar sesuai dengan skala media. Tahap ini belum bisa dikatakan tahap akhir namun hasilnya harus mampu mempresentasikan konsep nonverbal (Amy, Graphic Design Basics:12).
  3. Comprehensive merupakan hasil akhir dari desain. Comprehensive merupakan desain yang menjadi tujuan perancangan. Comprehensive harus sudah diaplikasikan dalam sebuah media dan siap ditampilkan sesuai dengan tujuan perancangan (Amy, Graphic Design Basics:12).

Pustaka: Sanyoto, Sadjiman Ebdi, Drs. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

red RBS

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: