//
you're reading...
Wawasan Unik

SUNGAI DIDASAR LAUT


 

Sebuah fenomena alam yang unik ini berada di semenanjung Yucatan Meksiko. Berada kurang lebih di kedalaman 30 meter. Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh Jacques Yves Costeau saat melakukan penelitian di dasar laut untuk Discovery Channel.

Costeau menemukan pemandangan yang tidak biasa, air tawar di antara air laut yang asin. Selain itu di dasar laut ia juga menemukan aliran air layaknya sungai di darat.

Bagaimana bisa air tawar dan air asin tidak menyatu di tempat yang sama?

Keunikan ini oleh ahli kelautan disebut dengan haloklin. Haloklin dalam istilah Oceanografi berarti suatu lapisan di dalam laut di mana kadar garam (salinitas) berubah dengan cepat terhadap perubahan kedalaman laut. Perubahan kadar garam ini akan mempengaruhi densitas air sehingga lapisan ini kemudian berfungsi sebagai dinding pemisah antara air asin dan air tawar. Adalah sesuatu yang menakjubkan jika dapat melihat efek difraksi dari atas atau bawah lapisan haloklin, karena akan tampak pancaran sinar multi warna yang menakjubkan, seolah-olah sinar direfraksikan oleh medium lainnya.

Lapisan haloklin di Cenote Angelita telah mangalami proses kimia oleh aktifitas bakteria sehingga menghasilkan lapisan hidrogen sulfida dengan konsentrasi antara 0,06-4,0 mmolal. Berdasarkan penguraian secara kimia, tingginya konsentrasi hidrogen sulfida ini tergantung dari rendahnya konsentrasi sulfat, tinginya alkalinitas, rendahnya pH, dan karakter isotop sulfur itu sendiri yang diurai oleh aktifitas bakteri oksidasi sulfide.

Haloklin dapat pula berfungsi sebagai perangkap hidrogen sulfida sehingga menjadi lapisan yang stabil menahan lapisan dibawahnya yang bersifat anoxic (tak beroksigen). Kestabilan ini akan terganggu jika terjadi proses oksidasi menjadi asam sulfur kembali akibat berinteraksi dengan lapisan beroksigen dari air tawar di atasnya dan diuraikan oleh bakteri oksidan sulfida.

Oleh sebab itulah, lapisan haloklin yang dianggap misterius oleh beberapa kalangan, sebenarnya merupakan fenomena alam kawasan karst yang wajar, namun unik karena sangat jarang dijumpai di tempat lainnya di dunia ini.

Photographed by Anatoly Beloshchin

ARTIKEL UNIK LAIN

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: