//
you're reading...
Artikel Pengetahuan Jurusan & Karir

Persepsi Salah Ketika Memilih Jurusan


CARA MEMILIH JURUSAN 1. Cara terbaik Memilih jurusan kuliah adalah dengan memasuki  jurusan itu dan mulai mencoba beradaptasi

Kamu tidak akan mengerti “jurusan kuliahmu” sebelum melewati fase tahun pertama, karena di tahun pertama mata kuliah yang disajikan masih sangat umum. Bisa saja kamu membuang waktu dan uang jika di tengah perkuliahan kamu sadar bahwa jurusan itu tidak tepat untukmu.

2. Memilih jurusan sama halnya dengan memilih karir, karena itu akan sejalan

Meskipun telah memilih jurusan kuliah yang menjadikanmu memiliki bidang spesialisasi. Kamu tidak seharusnya berfikir karirmu hanya sebatas bidangmu.  Beberapa pekerjaan yang ditawarkan saat kamu lulus seperti Manajemen Development Program di Bank dan FMCG industri, Sales Area Marketing,, Beberapa posisi di Bank, Manajemen Content Web, Bidang Pemasaran, tidak memerlukan spesialis khusus di bidangnya.

3. Jurusan itu kelihatannya Keren

“Wow, jurusan animasi terlihat keren nih”…. “Jurusan kedokteran bonafit banget kayaknya”

Yakin dengan kata hati seperti itu? Pilihanmu akan menjadi salah bila kamu tidak mencari tahu informasi mendalam mengenai Apa yang Dipelajari dijurusan itu, Pekerjaan apa yang akan saya dapat, Seberapa banyak industri yang akan mau menerima ketika lulus. Dan keren akan menjadi menyusahkan saat kamu tidak bisa menikmati pekerjaan entah itu Homework atau saat Bekerja nanti.

4. Memilih Satu jurusan dan akan mengabaikan bidang lainnya

Saat mengambil jurusan manajemen anda akan mengabaikan bidang musik, drama, menulis, fotografi, otomotif….. Sangat disayangkan, bagaimana bila ternyata kamu lebih cemerlang karirnya saat menekuni bidang fotografi? Bagaimana jika ternyata manajemen tidak tepat untuk kepribadianmu yang pendiam dan introvert? Combinasikan bidang itu Kamu bisa mencari sertifikat khusus bidang diluar jurusan kuliahmu.

5. “Orang Tua saya menginginkan masuk di jurusan itu”

6. Teman saya berada di jurusan itu dan kelihatannya berprospek

7. Pilih saja  mana yang banyak memberikan kesempatan di terima di suatu jurusan

8. Mengambil jurusan pilihan saya dimana saja Universitasnya

Memilih Universitas tidak kalah pentingnya dengan Memilih Jurusan baca

Pemikiran yang BENAR untuk menentukan Jurusan Kuliah

1. Saya sangat mencintai bidang ini, dan di waktu luang saya sering membaca buku bidang ini

2. Jurusan ini tepat dengan saya, saya merasa bidang ini merupakan bagian dari hidup saya.

3. Saya memiliki banyak minat di beberapa jurusan, Namun setelah melakukan penelitian dan mencari tahu dengan detail, Saya merasa inilah yang paling tepat untuk saya

Jadi Kunci agar kamu menemukan jurusan yang tepat adalah “Lakukan Penelitian, Mencari Tahu, dan Rasakan bila kamu berada di jurusan itu” Cari informasi sebanyak banyaknya dari minat kamu di jurusan kuliah. Tanpa mencari tahu, menebak saja bisa membuatmu tersesat.

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

