//
you're reading...
Akuntansi, Artikel Pengetahuan Jurusan & Karir

Perbedaan Finance dengan Akuntansi


Finance

FINANCEFinance atau keuangan merupakan bagian yang memiliki otoritas dalam menerima(mencari dana), mengelola, dan mengeluarkan uang (pembayaran).

1. Mencari Dana

Modal bisa berasal dari pinjaman atau penerbitan saham yang kemudian dijual. Bagian finance adalah orang yang menganalisa dan memutuskan dalam menerima pinjaman atau menerbitkan saham ini.

2. Mengelola Dana

Dari dana yang terkumpul kemudian akan dialokasikan untuk modal kerja (disimpan dalam kas, dibelanjakan bahan baku maupun barang jadi, pembayaran beban, diinvestasikan, dll)

3. Menghasilkan Uang

Bagian Finance harus memastikan bahwa pengelolaan uang ke dalam perusahaan akan memperoleh keuntungan. Pembiayaan usaha perusahaan diharapkan mengaktifkan produktifitas perusahaan. Sehingga produk perusahaan tercipta untuk dijual.

Akuntansi

AKUNTANSI &FINANCEAkuntansi bertugas mencatat dan mengelompokkan dari setiap transaksi dengan tujuan menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.

Berbeda dengan Finance yang tidak memiliki standar baku. Akuntansi memiliki standard dan aturan dalam mencatat, mengelompokkan, dan mengikhtisarkan setiap transaksi. Pada akhirnya akuntan akan menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Dari laporan keuangan tersebut dapat diketahui posisi keuangan dari sebuah perusahaan yang berguna dalam melakukan dan mengevaluasi kinerja perusahaan.

Berikut beberapa Job desk Akuntan :

  1. Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
  2. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  3. Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
  4. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
  5. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
  6. Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya.
  7. Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: