//
you're reading...
Apa yang Dipelajari di (..)?, Desain Komunikasi Visual

Belajar Apa Ya di Jurusan Desain Komunikasi Visual. . .???


JURUSAN DESAINDesain Komunikasi Visual atau DKV merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mengkomunikasikan gambar dengan baik, jadi perpaduan dari ilmu Seni, Komunikasi, dan Psikologi. Diawal semester tentu akan banyak belajar menggambar secara manual, seperti di mata kuliah gambar sket, gambar ilustrasi, gambar bentuk. Tak lupa sebagai dasar keilmuan ada juga pembelajaran seni seperti estetika, pengolahan bentuk, warna secara 2Dimensi maupun 3Dimensi.

Setelah bisa untuk menggambar manual maka akan di berikan mata kuliah Software skill, seperti Photoshop, 3Dmax, Corel, web desain, dll. Ilmu tersebut berguna pada tahap eksekusi ide menjadi gambar digital.

DKV tidak hanya membahas ilmu Perancangan tetapi juga terdapat penelitian, seperti Angket, kuesioner, dan Teori pendukung pada eksekusi desain. Fungsinya agar Visual yang dibuat dapat memecahkan masalah yang ada, entah itu masalah meningkatkan penjualan, menghadapi pesaing, menjawab respon buruk masyarakat, dll.

Contoh beberapa proyek kuliahnya adalah, membuat media iklan, majalah, mendesain ulang sebuah visual perusahaan (brand), dll.

Agar pilihan lebih mantap untuk masuk jurusan ini saya akan bantu beri info tentang apa yang dipelajari bila kita masuk jurusan Desain Komunikasi Visual. Berikut sample mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Desain Komunikasi Visual :.

Mari simak :

  • Gambar Sket
  • Gambar Bentuk
  • Gambar Ilustrasi
  • Gambar Teknik
  • Tinjauan Desain
  • Metodologi Desain
  • Nirmana
  • Teori Komunikasi Periklanan
  • Psikologi Komunikasi
  • Konsep Teknologi
  • Manajemen Kewirausahaan
  • Estetika
  • Tipografi
  • Animasi
  • Komputer Grafis
  • Komputer Animasi
  • Penulisan Naskah Produksi dan Copywriting
  • Desain Kemasan
  • Visual Merchandise
  • Bahasa Visual (DKV 1)
  • Corporate Identity (DKV 2)
  • Media dan Perwajahan (DKV 3)
  • Redesain & Repositioning Produk (DKV 4)
  • Portofolio & Event organize
  • Multimedia Interaktif
  • Fotografi
  • Videografi
  • Metodologi Penelitian

Di Desain Komunikasi Visual nantinya akan di bagi menjadi beberapa konsentrasi bidang yaitu :

  • Animasi
  • Grafis
  • Fotografi
  • Videografi

Itulah gambaran mata kuliah di jurusan ini, semoga bisa membantu untuk memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat.

ARTIKEL TERKAIT

JURUSAN LAIN

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

3 thoughts on “Belajar Apa Ya di Jurusan Desain Komunikasi Visual. . .???

  1. mau tanya nih… tentang konsentrasi bidang yang videografi ini lebih kearah video seperti apa? apa pengambilan gambar seperti iklan yg di tv2 atu juga seperti pemuatan film animasi ? mohon penjelasanya lagi gan , btw thank’s lot artikelnya membantu sekali😀

    Posted by Zainul Arievin | February 28, 2015, 1:33 pm
  2. Kalo dkv itu mesti punya basic komputer ga sih? Saya mau masuk dkv tp buta komputer, minta sarannya ya, tks

    Posted by anon | April 6, 2015, 11:07 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: