//
you're reading...
Artikel SMA

Alasan Masuk IPS?


Topik: Berbagai alasan masuk IPS

IPA atau IPS

Memilih program jurusan di kelas XI SMA kadang dianggap remeh. Padahal keputusanmu saat itu menentukan jurusan apa yang akan kamu pilih di Universitas nanti. Jangan sampai menginginkan kuliah jurusan teknik mesin tapi kamu lulus dari IPS, atau menginginkan jurusan Psikologi tapi kamu lulus dari IPA. Sebenarnya sah saja hal demikian terjadi, toh ada solusi untuk ikut SNMPTN jalur IPC. Ehh, semudah itu? IPC merupakan jalur tes masuk Universitas, yang  memberikan soal IPS juga IPA. Jadi anak IPS harus berjuang belajar materi IPA begitu sebaliknya. IPC memperbolehkan kamu memilih program yang semestinya bukan bidang jurusan SMA. Naah, bisa saya bilang, anak IPA lebih mudah mempelajari jurusan IPS,  jadi untuk IPC yang diambil anak IPA lebih berpeluang mendapat jatah kursi di Universitas.

Berita buruk untuk IPS

Menurut pengalaman, jurusan kuliah seperti Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Administrasi, Komunikasi, Psikologi yang merupakan syarat dari IPS dan jurusan favorit anak IPS “banyak di masuki anak IPA”. Nah, ini yang membuat saya bertanya tanya pada pendidikan di Indonesia… kalau demikian akhirnya, kenapa harus ada program pilihan IPA atau IPS? Percuma kan belajar materi Sosial ehhh masuk jurusan Mesin, belajar fisika, kimia, biologi ampe ubanan ehhh masuk jurusan Psikologi. Meskipun belajar itu tidak akan sia-sia, setidaknya bila berada di satu jalur akan menciptakan seorang yang benar benar ahli di bidang tersebut.

Saya rasa diperlukan pemetaan yang jelas untuk pendidikan, agar memiliki kualitas SDM yang lebih baik.

IPA lebih favorit

Matematika merupakan andalan anak IPA. Ilmu ini merupakan salah satu ilmu kunci mengukur kecerdasan seseorang. Di IPA kamu akan mendapat tantangan matematika murni maupun terapan. Fisika dan Kimia merupakan ilmu yang membutuhkan kemampuan menghitung, analisa, dan menghafal. Tentu upgrade otak kamu di IPA lebih melejit. Berbeda dengan IPS yang memberikan porsi bidang matematika sedikit, tentu dengan level kesulitan dibawah IPA.

Berikut alasan-alasan masuk IPS

Alasan yang “sayang sekali” untuk masuk IPS

Di beberapa sekolah, anak IPS merupakan anak yang tidak bisa masuk IPA karena nilai yang kurang. Bagaimana kalau ia ingin kerja di bidang teknik? Solusinya biasanya pindah sekolah atau nantinya ikut jalur IPC saat akan kuliah

Alasan Malas:

IPS aja deh, santai

IPS lebih mudah, jadi nilainya bisa paling baik nantinya (mungkin)

Menurut obrolan teman, anak IPS sering main, jarang tugas, enjoy sekali. Sedangkan di IPA selalu full kelas, terlihat saat akan UAN anak IPA sibuk dengan mempelajari kembali materi untuk persiapan UAN.

Alasan MANTAP masuk jurusan IPS

Saya memang ingin menjadi akuntan, psikologi…., jadi saya memilih IPS dan saya juga mencintai ilmu ilmunya

Saya senang sekali IPS, diwaktu luang saya banyak mempelajari buku bidang IPS, psikologi, sosiologi, Hukum, Akuntansi, Sejarah. Jadi memang saya ingin masuk IPS

Saat kelas X, nilai, kemampuan dan minat saya lebih unggul di bidang IPS daripada IPA, jadi saya ingin menekuninya.

Jadi pikirkan baik baik saat memilih jurusan di SMA, ketahui minat, kemampuan, cita-citamu. Jadilah yang terhebat di pilihanmu nanti!!!

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: