//
you're reading...
Gizi Kesehatan

Cerita Jurusan Gizi Kesehatan


Cerita Tentang Gizi Kesehatan

Prospek Kerja | Peluang Kerja

Kuliah gizi kesehatan, Aku pilih jurusan ini karena ikuti nasehat orang tua. Tapi Alhamdulillah aku senang juga jurusan ini, apalagi sebagai perempuan yang nantinya bertanggung jawab dengan kesehatan keluarga. Selain itu katanya prospek jurusan ini sangat bagus untuk bekerja, banyak rumah sakit yang membutuhkan sarjana yang terampil bidang ilmu gizi.

Gizi Kesehatan

mnsu.edu

Kuliah jurusan ini antara lain mempelajari :

  • Gizi Umum: Kandungan zat gizi makanan, makanan yang baik dikonsumsi sesuai usia (bayi, balita, remaja, dewasa), pola makan yang benar, cara meningkatkan atau menurunkan berat badan, pola hidup sehat, dst.
  • Gizi Klinik: makanan yang sesuai dengan penyakit yang diderita, kebutuhan energi, pencegahan komplikasi penyakit melalui makanan, dst.

Setelah memasuki tahun kedua, mengetahui cerita cerita kakak kelas yang lulus ternyata jurusan gizi lapangan pekerjaannya sempit. Ilmu yang dimiliki Sarjana Gizi Kesehatan cenderung hanya dibutuhkan oleh perusahaan makanan dan dinas kesehatan seperti Rumah Sakit. Beda dengan jurusan Ekonomi dan administrasi yang dapat bekerja di mana saja. Bahkan, beberapa Bank di Indonesia menolak menerima pegawai yang berasal dari ilmu kesehatan.

Pernyataan tersebut juga ku buktikan setelah lulus. Rumah sakit sih memang banyak, perusahaan makanan juga banyak tapi sayangnya tidak setiap bulan ada lowongan, kuota yang dibuka pun sedikit, apalagi bisa juga diperebutkan jurusan kedokteran lainnya. Melihat hal tersebut akirnya aku coba melamar di luar bidang keahlian. Bank misalnya, karena lowongan ini sering edar setiap bulannya, Namanya juga cari peluang di lahan orang lain (jurusan lain) maka bisa dipastikan susah untuk merebut pekerjaan itu.

“Susah Mudah itu relatif, Susah Bagi yang belum dapat pekerjaan dan Mudah bagi yang cepat dapat pekerjaan”

Dari teman teman sekuliahan sebenarnya ada juga yang bekerja sesuai keahlian, mereka bekerja sebagai ahli gizi kesehatan di Kalbe, Nestle, Danone, dll.  Ada juga yang bekerja di Rumah Sakit dan dinas kesehatan. Tapi tentu saja ada yang keluar bidang, entah alasan cepat ambil peluang, adanya kesempatan, atau memang kurang memiliki passion di bidang gizi kesehatan. Mereka yang keluar jalur gizi bekerja seperti pegawai bank, pegawai provider telepon dll

Diluar dari itu sebenarnya faktor takdir juga bisa, semuanya ada jalannya sendiri kan🙂 . Yaa, meskipun demikian niat kuliah itu menuntut ilmu, perkara bekerja apa nanti biarlah Tuhan memberi yang terbaik.

Gizi Kesehatan, Ilmunya bermanfaat bagi kehidupan

Jika memang tertarik dengan kesehatan, terutama makanan, gizi, dan pola makan, jurusan Ilmu Gizi adalah jurusan yang menarik dan asik untuk dipelajari. Selain untuk akademik, ilmu yang didapat juga bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain. Sarjana Gizi dapat bekerja di Rumah Sakit, dinas kesehatan, atau perusahaan2 makanan, kita juga bisa membuka catering atau konsultasi gizi.

Knn, PTN, Jurusan Gizi Kesehatan

ARTIKEL TERKAIT

JURUSAN LAIN

About maukulia

Blog info seputar perkuliahan

Discussion

2 thoughts on “Cerita Jurusan Gizi Kesehatan

  1. Kalau lulusan ips bisa kuliah di jurusan gizi tidak? tolong dijawab, terima kasih…

    Posted by dheby nataly | August 15, 2014, 3:32 pm
  2. mau tanya kalau lulusan ips bisa kuliah di jurusan gizi tidak? trm ksh…

    Posted by dheby nataly | August 15, 2014, 3:33 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: